Harian Haluan: Siap Ramaikan Pilkada Serentak, Ini Dia Para Bakal Calon Kepala Daerah di Sumbar

HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 13 daerah, diantaranya 11 Kabupaten dan 2 Kota di Sumbar akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun ini. Beragam nama calon pun mengapung. Ada petahana, ada pula nama-nama baru yang disebut-sebut bakal menjadi kuda hitam dalam perhelatan akbar ini. 

Ada 11 kabupaten yang melaksanakan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup/Wabup) tersebut yakni, Kabupaten Solok, Dharmasraya, Solok Selatan, Pasaman Barat, Pasaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam dan Limapuluh Kota. Sementara, ada pula 2 kota yang menabuh Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni, Kota Solok dan Bukittinggi.

Lantas, siapa saja sosok bakal calon Bupati/Wakil bupati serta bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota yang bakal berebut simpati rakyat? Berikut data yang berhasil dihimpun Harianhaluan.com.

1. Kabupaten Solok
Pilkada Kabupaten Solok pun mulai memanas, sejumlah nama-nama tokoh baik dari pengurus partai mupun independen disebut-sebut bakal ikut meramaikan bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Solok periode 2021-2024 mendatang. Untuk calon Bupati, disebut-sebut bakal diramaikan petahana Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, mantan Wakil Bupati Solok Desra Ediwan.

Lalu, ada nama mantan anggota DPRD Provinsi Bachtul dan Ketua DPD Demokrat Kabupaten Solok Agus Syahdeman. Kemudian, ada nama anggota DPD RI Nofi Candra, tokoh masyarakat asal nagari Selayo, Iriadi Dt. Tumanggung, Walikota Solok saat ini H. Zul Elfian dan masih ada sederet nama lainnya. 

Sementara, di deretan bursa calon wakil bupati Solok digadang-gadang akan diramaikan anggota DPRD Nosa Eka Nanda, Ketua Gerindra Jon Firman Pandu, tokoh muda Bendahara PAN Reinaldo Gusmal dan banyak figur lainnya. Persaingan kuat diperkirakan akan melibatkan wajah-wajah lama, yakni Desra Ediwan, Bachtul, Yulfadri Nurdin dan Agus Syahdeman.

2. Kabupaten Dharmasraya
Salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah adalah Kabupaten Dharmasraya. Diprediksi Pilkada Dharmasraya akan berlangsung sengit. Nama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wabup Amrizal Dt.Rajo Medan yang sering disingkat RJM dan dua nama lainnya Ampera Dt. Labuan Basa dan Yosrisal juga muncul ke permukaan.

3. Kabupaten Solok Selatan 
Pilkada Bupati Solok Selatan (Solsel) akan digelar, maka saat ini mulai bermunculan sejumlah nama kandidat calon Bupati (Cabup) yang akan ikut bertarung dalam pemilihan itu. Setidaknya, ada lima nama yang disebut-sebut akan mengikuti Pemilihan Bupati (Pilbup) Solsel. Mereka yakni Salman Nusantara, Khairunas, Armen Syahjohan, Abdul Rahman dan Jon Mathias. 

Selain itu, ada nama lain yang juga dimunculkan, yakni Sastria Nofrita. Satu-satunya wanita yang digadang gadang bakal ikut menyemarakkan pesta Pilbup di Solsel. Bahkan, Satria Nofrita yang kini menjabat Komisioner KPUD Solsel ini disebut sebagai Risma-nya Solok Selatan.

4. Kabupaten Pasaman Barat 
Menjelang Pilkada pada 9 Desember mendatang, dukungan partai politik semakin mengerucut di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2021-2026. Bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Agus Susanto berpasangan dengan H. Rommy Candra (anggota Polri) mantan ajudan Bupati Syahiran. Begitu juga, Calon Perseorangan (Independen) Agus Rommy.

Calon petahana Yulianto yang juga Bupati Pasaman Barat sampai sejauh ini sudah mengandeng Syahrial akrab disapa Sutan, mantan Wali Nagari Kinali mencalon sebagai Wakil Bupati. Disamping nama tersebut ada sejumlah nama lainnya yang saat ini sedang mencuat ke publik diantaranya, Purn TNI Kolonel Rusdan Nasution (kader Partai Gerindra), Hamsuardi (kader PKS), Alamsyah (Ketua Partai Hanura), Edri Syahrinal (mantan wakil ketua DPRD Pasbar), Marta Gunawan (eksportir muda), Hermanto (mantan Sekda Pasbar) dan Syahnan (Kadis PMPTSP dan Naker Pasbar).

5. Kabupaten Pasaman
Pada Pilkada Pasaman banyak yang akan bertarung, Atos Pratama yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati, Saleh Lubis kakaknya Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Buya Syafrizal, Kepala Baznas Pasaman. Kemudian ada lagi, Pardomuan Tanjung seorang TNI aktif hingga Sabar AS dan Benny Utama yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Sumbar. 

6. Kabupaten Pesisir Selatan
Pelaksanaan Pilkada pada tahun 2020 sudah di depan mata, beberapa nama-nama yang akan mencalonkan diri juga sudah mencuat. Diantaranya, petahana Hendrajoni (Bupati Pessel) dan Rusma Yul Anwar (Wakil Bupati Pessel), Faldo Maldini, Hamdanus, Syaipul Ardi, Ali Tanjung, Saidal Masyifuddin, Yosi Afrianto, Asmil Ilyas. Bahkan nama Hendrajoni, Rusma Yul Anwar dan Faldo Maldini sudah akrab di masyarakat.

7. Kabupaten Sijunjung
Menyongsong Pilkada serentak tahun 2020, sejumlah Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung muncul kepermukaan, yakni Ashelfine (PAN), Sarikal (Golkar), Benny Dwipa (birokrat), Iradatillah (PPP), Endre Saifoel (Nasdem), Syafrizal (Birokrat), Arrival Boy (Wakil bupati/Golkar) dan Hendri Susanto (PKS).

8. Kabupaten Tanah Datar
Di Kabupaten Tanah Datar, hingga saat ini ada sejumlah tokoh yang menyatakan kesiapan untuk maju. Mereka adalah Zuldafri Darma, Betty Shadiq Pasadigoe, Jhon Enardi, Febby Datuak Bangso dan Wahyu Iramana Putra.

9. Kabupaten Padang Pariaman
Suhu politik semakin memanas jelang Pilkada 2020 mendatang di Kabupaten Padang Pariaman. Adapun balon yang telah mengapung, diantaranya Maymuspi, Suhatri Bur, M.Yusuf, Refrizal, Tri Suryadi, Adrian Adek, Elfi, Endarmi, Darmon, Ali Amran, Iddarussalam dan lainnya.

10. Kabupaten Agam
Menjelang Pilkada Agam 2020, sejumlah nama mencuat dan menyatakan sikap untuk ikut bertarung dan mencalonkan diri jadi Calon Bupati. Yang terbaru adalah Ketua DPW PPP Sumbar, Hariadi BE. Selain itu, banyak tokoh yang namanya muncul ke permukaan, diantaranya, Marga Indra Putra (Wakil Ketua DPRD Agam-Demokrat), Noveri Edios, (anggota DPRD Agam-PBB), Suharman (Wakil Ketua DPRD Agam-PKS).

Selian itu terdapat juga nama Aliwarman (anggota DPRD Sumbar-Ketua PAN Agam), Taslim (PAN), Rinaldi (anggota DPRD Sumbar-PKS) dan Feri (anggota DPRD Agam-Demokrat). Kemudian, Martias Wanto Dt Maruhun (Setkab Agam), Misran (Kadisdukcapil Agam), Teddy Martha (Kadis PMN Agam), Edi Busti (Kasat Pol PP Pasaman Barat) dan beberapa nama lain.

11. Kabupaten Limapuluh Kota
Di Kabupaten Limapuluh Kota, anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat, daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Limapuluh Kota-Payakumbuh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo digadang-gadangkan bakal maju pada Pilkada Limapuluh Kota. Selain Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, nama-nama lain yang digadang-gadang bakal ikut bertarung di Pilkada Limapuluh Kota, petahana Irfendi Arbi, Ferizal Ridwan, juga ada nama Darman Sahladi, M.Rahmad, Riski Kurniawan, Asirwan Yunus, Ilson Chong, Maskar dt. Pobo, Nurkhalis dan Masri.

Namun, yang sudah memastikan maju berpasangan melalui jalur perseorangan ada dua pasang, yakni, incumbent Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan-Nurkhalis dan Maskar Dt Pobo-Masril.

12. Kota Solok 
Adapun sejumlah nama balon Walikota dan Wakil Walikota lain yang mengapung dalam Pilkada Kota Solok 2020 diantaranya Reinier St MM berpasangan dengan Andri Marant. Reinier saat ini merupakan Wakil Walikota Solok. Sedangkan, Andri Marant merupakan Ketua Partai PDI Perjuangan Kota Solok.

Selanjutnya, Yutris Can (Ketua DPRD Kota Solok sekaligus Ketua Partai Golkar Kota Solok) yang telah mendeklarasikan diri berpasangan dengan Irman Jefri Adang, politisi Partai PAN yang sebelumnya merupakan salah satu Wakil pimpinan di DPRD Kota Solok. Balon lainnya yakni Ismail Koto, Ketua Partai Gerindra Kota Solok yang akan maju dengan Edi Candra, mantan Kepala BKKBN Kota Solok.

13. Kota Bukittinggi
Sejumlah nama bakal calon Walikota dan wakil Walikota Bukittinggi untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di kota Bukittinggi mencuat dan digadang-gadang bakal menjadi balon (bakal calon) kepala daerah untuk maju di daerah itu. Diantara nama balon yang mencuat, yakni Ramlan Nurmatias, Irwandi yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota, KH. Buyung yang merupakan seorang pengusaha.

Lalu, ada Ade Rizki Pratama yang merupakan anggota DPR RI termuda asal Bukittinggi, Rahmi Brisma yang saat ini menjadi ketua DPC PAN Bukittinggi dan telah terpilih sebagai anggota DPRD Bukittinggi periode 2019-2024, Trismon yang saat ini duduk di DPRD Bukittinggi sebagai Wakil Ketua DPRD, Benny Aziz yang namanya ikut mencuat ke bursa balon Pilkada Bukittinggi yang saat ini merupakan ketua KPU Kota Bukittinggi.

Kemudian juga ada Chairunnas Ketua PMI Bukittinggi, Taufik dt. Nan Laweh Ketua FKPPI (Forum komunikasi putra putri Purnawirawan TNI/Polri) Bukittinggi, dan juga ada seorang artis ibukota yang ingin mengabdi di daerah kelahirannya yakni, David Chalid. Setelah itu, ada Erman Safar merupakan seorang pengusaha.

Berikutnya, ada Sadri MK yang merupakan ketua Kadin (Kamar dagang dan industri Nasional) Bukittinggi, Fauzan Haviz yang saat ini merupakan anggota DPRD Bukittinggi dari partai PAN dan terakhir Marfendi seorang pengusaha Bukittinggi yang pada periode Pilkada sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Bukittinggi. 

Rata-rata nama calon kepala daerah yang akan ikut dalam konstelasi Pilkada di Sumbar adalah orang yang sudah cukup dikenal di daerahnya masing-masing dan tentunya mempunyai basis suara sendiri. Menarik untuk terus disimak!

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/99603/siap-ramaikan-pilkada-serentak-ini-dia-para-bakal-calon-kepala-daerah-di-sumbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s